Apa itu Bauran Pemasaran 7P? Bauran Pemasaran atau marketing mix merupakan strategi pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar laba atau laba yang maksimal.
Strategi ini menggunakan semua alat pemasaran dalam perusahaan yang di kenal dengan konsep bauran pemasaran 7P, yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik.
Konsep ini tentunya berbeda dengan strategi pemasaran 4P yang hanya memiliki empat konsep yaitu product, place, price, dan promotion.
Dalam bauran pemasaran 4P, keempat konsep yang di gunakan tampak berorientasi pada produk.
Pengertian
Setiap bisnis akan menggunakan strategi pemasaran untuk mempromosikan dan menjual karyanya, tetapi istilah “bauran pemasaran” baru muncul pada pertengahan abad ke-20.
Dalam pidato tahun 1953 kepada American Marketing Association, profesor Harvard dan pakar pemasaran Neil Bordon menguraikan apa itu bauran pemasaran dan bagaimana pemasar dapat mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran yang sukses.
Bisnis dapat mengidentifikasi dan mengelola komponen bauran pemasaran untuk memungkinkan bisnis membuat keputusan pemasaran yang menguntungkan. Keputusan ini membantu bisnis untuk:
- Tingkatkan kekuatan dan atasi kelemahan
- Menjadi lebih kompetitif dan mudah beradaptasi di pasar
- Meningkatkan kolaborasi yang bermanfaat antara departemen dan mitra
Sejak tahun 1950-an, elemen-elemen bauran pemasaran telah mengalami berbagai transformasi sebagai tanggapan terhadap teknologi baru dan perubahan lain dalam praktik terbaik pemasaran.
Konsep Marketing Mix 7P
Untuk membantu Anda mengetahui lebih detail, berikut ini adalah konsep bauran pemasaran 7P yang akan di jelaskan selengkapnya:
1. Produk Marketing Mix
Secara teori, produk adalah segala bentuk hasil usaha yang di tawarkan ke pasar untuk digunakan atau di konsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Jika Anda ingin sukses dalam menjalankan strategi bauran pemasaran, Anda harus mampu menciptakan dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas dan keunikan tersendiri.
Dengan begitu, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasar.
Produk memiliki dua elemen yang perlu di perhatikan, yaitu kualitas dan visual.
Anda harus memastikan kualitas produk Anda bagus, selain itu konsumen juga harus merasa perlu untuk membeli produk atau jasa Anda, bukan sekedar tertarik.
Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah menentukan target pasar melalui riset kecil yang terstruktur.
Riset yang di lakukan terhadap strategi bauran pemasaran dapat mencakup informasi tentang respon pasar, keinginan konsumen, dan sebagainya.
Melalui informasi yang kami peroleh dari riset, kami dapat membandingkan produk/jasa Anda dengan kompetitor, mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda.
Setelah itu, Anda dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda, mencocokkan produk dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, serta memberikan gambaran tentang prospek produk di masa mendatang.
2. Harga (Price) marketing Mix
Harga yang di maksud adalah sejumlah uang yang harus di bayarkan oleh pengguna atau klien Anda untuk mendapatkan produk yang Anda tawarkan.
Dengan kata lain, seseorang akan menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan, jika pengorbanan yang di keluarkan (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang ingin di perolehnya dari produk atau jasa yang di tawarkan perusahaan.
Mengenai poin ini, fokus Anda adalah bagaimana membuat calon pelanggan atau calon pembeli merasa pengeluaran mereka sesuai dengan apa yang mereka dapatkan.
Dengan begitu strategi bauran pemasaran akan lebih optimal.
Dalam menentukan harga produk, Anda harus menghitungnya berdasarkan harga pokok produksi, modal, dan di tambah beberapa persen keuntungan.
Harga jual harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.
Hal ini untuk mencegah kebangkrutan tentunya.
Jika Anda ingin menjual dengan harga yang lebih tinggi, berikan perbedaan yang mencolok di bandingkan pesaing Anda, seperti kualitas, varian.
Sehingga konsumen merasa “layak” dengan harga produk tersebut.
3. Tempat (Place)
Konsep ini berfokus pada tempat atau lokasi di mana perusahaan Anda berdiri.
Di mana, semakin strategis lokasi bisnis Anda, semakin besar keuntungan yang akan di peroleh perusahaan.
Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda, sehingga memudahkan transaksi penjualan.
Bagaimana cara menentukan lokasi yang tepat?
Yang bisa Anda lakukan adalah mencari dan menentukan lokasi penjualan yang sesuai dengan target pasar Anda, baik itu untuk kalangan bawah, menengah, atau atas.
4. Promosi (Promotion)
Strategi bauran pemasaran 7p ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana memasarkan produk, media apa yang di gunakan, dan lain sebagainya.
Promosi adalah strategi pemasaran yang memiliki tujuan sebagai berikut:
- Mengidentifikasi dan menarik pelanggan baru.
- Mengkomunikasikan produk baru.
- Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah di kenal luas.
- Menginformasikan konsumen tentang peningkatan kualitas produk.
- Mengajak konsumen untuk datang ke tempat penjualan produk.
- Memotivasi konsumen untuk memilih atau membeli suatu produk.
Pada dasarnya promosi adalah kegiatan penyebaran informasi yang bersifat membujuk, mempengaruhi dan mengingatkan pasar bahwa produk Anda siap untuk di jual dan di beli oleh mereka.
Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memasang iklan.
Iklan dapat di lakukan melalui media seperti koran, elektronik, brosur, spanduk, media sosial.
Di era digital ini, strategi pemasaran dengan promosi sangatlah mudah karena ada banyak media sosial yang sangat membantu Anda.
5. Orang (People)
SDM merupakan komponen penting dalam strategi bauran pemasaran 7p. Faktor sumber daya manusia menentukan maju tidaknya suatu perusahaan.
Tidak dapat kita pungkiri bahwa faktor ini memegang peranan penting dalam kemajuan atau bahkan kemunduran suatu perusahaan.
Inilah sebabnya berbagai perusahaan berlomba-lomba mencari calon pekerja terbaik, bahkan mereka rela membayar lebih untuk mempekerjakan pencari kerja mandiri yang ahli dalam mencarikan calon pekerja untuk perusahaan.
Pertanyaan terkait apakah karyawan tersebut memiliki kinerja yang tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya akan membantu keberhasilan perusahaan jasa di pasar.
Faktor penting lainnya dalam SDM adalah sikap dan motivasi karyawan di industri jasa.
Sikap dapat di terapkan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam ucapan, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan ucapan.
Sedangkan motivasi akan menentukan sejauh mana karyawan menginginkan atau menyukai pekerjaan yang akan di lakukan.
6. Proses (Process)
Proses di sini meliputi bagaimana perusahaan melayani permintaan setiap pelanggannya, mulai dari konsumen memesan (order) sampai akhirnya mendapatkan apa yang di inginkan.
Perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani pelanggannya.
Layaknya sebuah restoran, ada beberapa restoran yang menyediakan fasilitas “open kitchen”, di mana konsumen dapat melihat setiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan.
Cara pelayanan ini merupakan salah satu contoh penerapan strategi bauran pemasaran dalam bisnis kuliner.
7. Tampilan Fisik (Physical Avidance)
Tampilan fisik tempat usaha akan menjelaskan bagaimana penataan gedung suatu perusahaan. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, sistem petir yang menarik, desain ruangan yang eye-catching, dan sebagainya.
Perusahaan tentunya akan menyadari bahwa penataan bangunan dalam suatu perusahaan tentunya akan mempengaruhi mood pengunjung.
Desain interior yang terkesan berantakan tentunya akan membuat konsumen merasa sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut.
Bangunan harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga dapat memberikan pengalaman bagi pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah.
Komponen visual sangat penting dalam strategi bauran pemasaran.