-----

Cara Tepat Menyusun Visi Misi Perusahaan Dengan Benar

Share This Post

Ketika sebuah perusahaan baru terbentuk, banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah membuat visi dan misi perusahaan. Visi dan misi perusahaan penting karena akan mencerminkan merek dan nilai perusahaan.

Padahal, bisa jadi visi dan misi perusahaan akan menjadi slogan perusahaan. Lalu apa yang dimaksud dengan visi dan misi perusahaan? Berikut ulasannya.

visi misi

Pengertian

Visi dan misi perusahaan terdiri dari tiga kata yang kita ketahui bahwa arti dari visi itu sendiri berbeda dengan misi.

Pengertian visi perusahaan merupakan pernyataan yang menjelaskan bagaimana cita-cita perusahaan untuk mencapai misinya.

Sedangkan misi perusahaan sering diartikan sebagai pernyataan visi yang berorientasi pada tindakan, menyatakan tujuan pelayanan organisasi kepada khalayak yang biasanya meliputi fungsi, tujuan organisasi dan gambaran umum organisasi.

Pernyataan perusahaan yang baik mencerminkan tiga tujuan perusahaan yang meliputi:

  • Jelaskan apa yang dilakukan perusahaan untuk pelanggan
  • Mendefinisikan apa yang perusahaan lakukan untuk karyawan
  • Mendefinisikan apa yang dilakukan perusahaan untuk pemiliknya

Namun, seiring pertumbuhan perusahaan, pernyataan perusahaan juga dapat berubah sesuai kebutuhan untuk mencerminkan budaya bisnis baru.

Perbedaan Visi Misi Perusahaan

Visi dan misi perusahaan terdiri dari tiga kata yang kita ketahui bahwa arti dari visi itu sendiri berbeda dengan misi.

Pengertian visi perusahaan merupakan pernyataan yang menjelaskan bagaimana cita-cita perusahaan untuk mencapai misinya.

Sedangkan misi perusahaan sering berarti sebagai pernyataan visi yang berorientasi pada tindakan, menyatakan tujuan pelayanan organisasi kepada khalayak yang biasanya meliputi fungsi, tujuan organisasi dan gambaran umum organisasi.

Misi adalah pernyataan yang memiliki dasar pada masa sekarang dan terancang untuk menyampaikan alasan mengapa bisnis itu ada kepada anggota perusahaan dan komunitas luar.

Sedangkan visi merupakan pedoman jangka panjang yang harus memberikan inspirasi dan tujuan khususnya bagi karyawan perusahaan. Dengan kata lain, misi merupakan peta untuk mencapai suatu visi.

Cara Membuat Visi Misi Perusahaan

Cara mewujudkan perusahaan terdiri dari beberapa langkah yang harus mendapat perhatian, antara lain:

1.Tujuan Perusahaan

Dalam membuat perusahaan, langkah pertama yang harus Anda pikirkan adalah tujuan dari berdirinya perusahaan, keuntungan hingga ruang lingkup perusahaan.

Untuk menjawab ketiga hal di atas, coba jawab tiga pertanyaan di bawah ini,

  • Tujuan: Mengapa perusahaan Anda perlu ada?
  • Ruang Lingkup: Apa yang harus dan tidak boleh terlaksana untuk mencapai tujuan perusahaan?
  • Keuntungan: Bagaimana perusahaan melakukan sesuatu secara berbeda, lebih baik, dan lebih efisien?

2. Petimbangkan Nilai Perusahaan

Setiap perusahaan yang berdiri pasti memiliki nilai-nilai, baik implisit maupun eksplisit. Biasanya bentuk nilai ini dapat tampil dengan kata-kata sederhana, misalnya “inovasi atau komunikasi”.

Ketika Anda telah berhasil menemukan nilai-nilai perusahaan, Anda akan menjalankan bisnis sesuai dengan tujuan perusahaan.

3. Jelaskan Bagaimana Perusahaan Beroprasi

Cara lain untuk membuat perusahaan yang harus diperhatikan adalah menjelaskan bagaimana bisnis Anda dapat beroperasi. Nah biasanya adalah memasukkan nilai perusahaan ke dalam penjelasannya, misalnya:

  • Memberikan kualitas produk yang tinggi
  • Mendorong inovasi/kreativitas
  • Praktek pembangunan berkelanjutan
  • Memberikan layanan pelanggan yang unggul

Jadi ketika contoh tersebut tergabung dengan tujuan perusahaan, maka akan terlihat seperti:

  • Jual sepatu kualitas terbaik
  • Memberikan layanan pendidikan yang memungkinkan semua anak mengalami pembelajaran yang sukses

4. Berorientasi Masa Depan

Cara membuat pada poin keempat berkaitan dengan masa depan bisnis perusahaan.

Dalam artian ketika ingin membuat , maka mulailah dengan orientasi masa depan, tentunya dengan mempertimbangkan lanskap bisnis perusahaan di masa depan.

Dengan memikirkan masa depan, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana menjaga secara berkelanjutan dan terukur.

5. Jangan Ambigu

Dalam membuat perusahaan, sesuai dengan harpan untuk tidak menjelaskannya secara ambigu karena dapat membingungkan karyawan dan diri Anda sendiri dalam membangun hal itu.

Pikirkan perusahaan yang sederhana, spesifik dan jelas kemudian tulis dan ucapkan tersebut sehingga maknanya konkrit.

6. Letakkan pernyataan perusahaan baru kemudian bekerja

Ketika Anda berhasil merumuskan pernyataan perusahaan, itulah saatnya Anda dan tim mengimplementasikan tersebut, bisa dalam rencana bisnis perusahaan.

Dengan begitu semua tim dan pelanggan dapat mengetahui perusahaan Anda. Anda juga dapat memasukkan ini ke dalam tema kampanye iklan perusahaan.

Pastikan juga Anda mencantumkannya di website resmi perusahaan atau semua media pemasaran perusahaan.

YAKIN STRATEGI MARKETING BISNIS ANDA SUDAH PUNYA SISTEM BISNIS YANG BAIK?

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 MENIT saja, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang belum optimal di perusahaan!

More To Explore

OMZET PERUSAHAAN SEMAKIN MENURUN?

Konsultasikan Gratis Bersama Kami Sekarang Juga!

Top