Tips Menekan Angka Turnover Pada Perusahaan

Share This Post

Tingginya tingkat turnover atau perputaran karyawan merupakan cermin bagi sebuah perusahaan. Apakah mereka benar-benar merekrut karyawan yang tidak tahan, apakah perusahaan terlalu kejam terhadap karyawan? Para ahli berpendapat bahwa perusahaan akan membutuhkan dana lebih. Dana lebih dari satu gaji karyawan yang keluar untuk mencari pengganti karyawan yang keluar. Hal ini juga tidak baik karena dapat mempengaruhi karyawan yang masih bertahan. Hal ini tentunya tidak baik bagi karyawan yang baru akan bergabung.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi jumlah turnover karyawan di kantor Anda:

turnover

Rekrut Kandidat Yang Tepat Dari Awal untuk menghindari turnover

Hal ini di yakini para pakar rekrutmen sebagai cara ampuh untuk menekan turnover yang tinggi. Wawancarai kandidat dan karyawan yang tersisa dan konfirmasikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang kami butuhkan. Mereka juga harus sejalan dengan budaya perusahaan, manajer dan rekan kerja mereka.

Atur Kompensasi dan Tunjangan Karyawan

Mengatur kompensasi dan tunjangan yang sesuai sangatlah penting. Gali data dan perbarui pengetahuan Anda terkait peraturan dan besaran gaji yang harus di bayarkan. Dari masing-masing industri dan berikan tunjangan kepada karyawan jika di perluka. Sisi lain juga harus melihat jadwal kerja yang fleksibel, dan bonus yang di atur dengan jelas.

Tinjau Kompensasi Tahunan guna menekan angka turnover

Tinjau kompensasi dan tunjangan setiap tahun. Perhatikan dan selalu update tren di setiap industri, di sinilah skill Anda sebagai seorang HR di uji.

Melibatkan Kegiatan Dengan Karyawan

Meningkatkan keterlibatan karyawan. Karyawan membutuhkan interaksi sosial dan penghargaan. Mereka juga membutuhkan pengakuan dan rasa hormat dari atasan mereka. Di lain sisi posisi yang menantang serta platform dan mentor yang baik untuk terus berkembang dan menekan angka turnover

Lingkungan Kerja Positif untuk menghindari turnover

Manajer sering memperhatikan betapa pentingnya lingkungan kerja yang positif bagi staf. Hal ini untuk mengukur seberapa besar pengakuan dan pujian dari manajer berarti bagi karyawan untuk membuat mereka tetap termotivasi. Penghargaan, pengakuan, dan pujian bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat karyawan tetap produktif dan setia serta menekan angka turnover.

Email pujian sederhana setelah karyawan Anda menyelesaikan proyek. Pencapaian bulanan yang memuaskan dari tim Anda, penghargaan karena karyawan Anda selalu mendapatkan hasil yang baik di setiap pekerjaan. Ucapan terima kasih itu sederhana dan manis. Tentu juga bisa membuat seorang karyawan merasa lebih di hargai.


Cara mudah yang perlu Anda lakukan untuk memberikan penghargaan. Penghargaan kepada karyawan Anda adalah dengan mengadakan pertemuan bulanan atau mingguan. Tujuannya adalah untuk menyampaikan apa yang telah di lakukan oleh masing-masing karyawan Anda. Meminta jumlah, sampel, atau pujian email tertentu dari kolega atau pelanggan mereka.

Uraikan Tantangan Pekerjaan di Awal

Jelaskan tantangan yang akan di hadapi dan jenjang karir. Karyawan sangat ingin tahu ke mana arah karier mereka. Tinjauan berkala atau semi-tahunan, Anda harus mendorong karyawan Anda untuk datang kepada Anda. Pertanyaan tentang jalur karir mereka dan harapan mereka di masa depan.

YAKIN STRATEGI MARKETING BISNIS ANDA SUDAH PUNYA SISTEM BISNIS YANG BAIK?

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 MENIT saja, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang belum optimal di perusahaan!

More To Explore

OMZET PERUSAHAAN SEMAKIN MENURUN?

Konsultasikan Gratis Bersama Kami Sekarang Juga!

Top