Setiap bentuk usaha yang bergerak di bidang produksi atau jasa, pelayanan prima membutuhkan service excellent yang harus secara optimal. Hal ini berkaitan dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar tetap loyal terhadap produk atau jasa perusahaan.
Setiap kita memberikan suatu jasa, suatu perusahaan atau bisnis pasti memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga tidak hanya menciptakan pelanggan yang loyal. Tetapi juga membuat pelanggan percaya dan mengkonsumsi produk kita atau menggunakan jasa kita dalam jangka panjang.
Meski begitu, pelayanan prima bagi setiap bisnis atau perusahaan masih perlu di tingkatkan, karena belum berjalan maksimal. Beberapa hal harus di perhatikan untuk menciptakan service excellence yang baik dan terkoordinasi.
Pengertian
Service Excellent adalah dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu “Service” dan “Excellent”. Service artinya pelayanan, pelayanan, atau tugas, sedangkan Excellent artinya yang terbaik atau unggul.
Jadi, Service excellence merupakan upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Agar mampu menciptakan kepuasan yang optimal bagi pelanggan itu sendiri.
Selain itu, pelayanan prima adalah pelayanan prima yang dapat di terapkan di semua jenis usaha. Baik yang menjual produk atau jasa juga di terapkan di lingkungan perusahaan.
Persaingan bisnis yang begitu ketat seperti saat ini, membuat service excellence harus di jalankan secara maksimal. Sehingga menjadi pembeda dengan bisnis pesaing.
Untuk mencapai pelayanan yang prima, tidak semudah membalikkan tangan. Sebuah perusahaan atau bisnis pasti melakukan pelatihan untuk menciptakan pelayanan prima yang terbaik.
Beberapa elemen yang akan di pelajari seperti keamanan, kenyamanan, proses, kualitas, kuantitas, hingga kepuasan.
Tujuan Service Excellent
Setelah mengetahui pengertian dari service excellent, sekarang mari kita cari tahu apa tujuan dari service excellent ini. Nah, beberapa tujuan dari service excel adalah sebagai berikut:
- Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada klien dan pelanggan
- Memberikan informasi yang lengkap untuk kebutuhan pelanggan
- Menumbuhkan rasa percaya pada pelanggan, pada layanan atau produk yang di tawarkan oleh perusahaan atau bisnis
- Memberikan informasi sedetail mungkin mengenai produk atau jasa apa yang di jual. Serta apa fungsi dan manfaat dari produk atau jasa tersebut
- Meminimalkan komplain, tuntutan, dan komplain dari pelanggan atas produk atau jasa yang di jual
- Wajib menumbuhkan nilai kepercayaan dan loyalitas bagi pelanggan, untuk konsumsi jangka panjang
Aspek Penerapan Service Excellent
Jika suatu perusahaan atau bisnis ingin menerapkan pelayanan prima yang baik, maka ada beberapa aspek yang harus di perhatikan. Aspek pelaksanaan pelayanan prima adalah sebagai berikut:
Kepastian Hukum
Dalam pelayanan prima yang di berikan, pelanggan harus mendapatkan kepastian hukum agar merasa lebih aman dan terpercaya
Keterbukaan
Aspek keterbukaan juga sangat di butuhkan oleh pelanggan, agar informasi yang di peroleh. Lebih jelas dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
Efisiensi
Adanya efektivitas dan efisiensi juga akan menjadikan pelayanan prima semakin baik bagi pelanggan
Kejujuran Serta Kepercayaan
untuk menciptakan service excellent, perusahaan atau bisnis juga perlu memiliki aspek kepercayaan dan kejujuran yang seimbang, baik dalam aturan, pembiayaan hingga dalam penyelesaian pelayanan yang tepat
Penampilan
Hal ini merupakan aspek yang harus di terapkan pada bagian pelayanan, di mana penampilan mereka harus rapi, dan nyaman saat berhadapan dengan pelanggan
Kesopanan dan Keramahan
Karyawan yang menerapkan service excellence harus bersikap sopan, tidak egois dan sabar ketika berhadapan dengan pelanggan yang berbeda status sosial dan tingkat ekonomi.
Kesediaan Melayani
profesionalisme pegawai di bagian pelayanan harus baik, harus ada keinginan untuk selalu siap melayani sebagaimana mestinya.
Pengetahuan dan Peneletian
Memberikan pelayanan prima juga harus di barengi dengan pengetahuan dan keahlian mengenai barang dan jasa yang di tawarkan.
Tepat Waktu dan Menepati Janji
Dalam hal pelayanan prima, Anda juga harus selalu tepat waktu agar pelanggan tidak merasa terlalu banyak membuang waktu.
Biaya
Penerapan biaya dalam pelayanan prima juga harus masuk akal, sehingga sesuai dengan daya beli masyarakat
Manfaat Service Excellent
Perusahaan yang menerapkan service excellence tentunya akan meningkatkan kinerja perusahaannya. Penerapan layanan prima ini tidak hanya untuk menarik banyak konsumen, tetapi juga membekali karyawannya dengan penguasaan yang baik atas produk atau jasa yang di tawarkan.
Manfaat pelayanan prima adalah sebagai berikut:
Menjual Produk
Penerapan service excellence berperan penting dalam meningkatkan penjualan. Konsumen akan merasa puas dengan pelayanan prima yang di berikan, sehingga mereka cenderung lebih loyal terhadap perusahaan.
Penjualan Jasa
Penerapan service excellence pada perusahaan jasa dapat meningkatkan nilai di hadapan calon konsumen dan dapat meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat dan konsumen.
Dalam prakteknya, service excellence di setiap perusahaan bisa berbeda-beda, tergantung kebutuhan pelanggan dan jenis perusahaan itu sendiri.
Misalnya, penerapan pelayanan prima di industri kesehatan, seperti rumah sakit. Pelayanan prima yang harus di berikan adalah jelas, terbuka dan di ikuti dengan kepastian hukum atas sesuatu yang bersifat ilmiah sehingga pelanggan dan pasien dapat memahami dengan jelas.
Berbeda dengan dunia perbankan, seorang satpam yang bekerja harus mampu memberikan rasa aman dan memberikan arahan yang tepat dan jelas kepada nasabah yang akan melakukan transaksi di bank untuk pertama kali.
Agar karyawan benar-benar paham tentang service excellence, biasanya mereka akan mengikuti pelatihan service excellent.
Pelatihan pelayanan prima ini akan mengajarkan mereka tentang implementasi pelayanan prima dengan kombinasi elemen dasar, mulai dari biaya, keamanan hingga kualitas dan kepuasan.
Karyawan juga akan di ajarkan bagaimana berperilaku secara wajar, namun tetap harus ramah dan di sukai oleh orang yang di layani.
Selain itu, karyawan juga di ajarkan cara mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta akan di ajarkan pula cara melihat sikap pelanggan mulai dari gerak tubuh, bahasa yang di gunakan, hingga lebih dalam tentang seluk beluk psikologis yang sedang di alami oleh pelanggan atau pelanggan.