Visi misi tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Setiap orang pasti pernah mendengarnya. Namun pertanyaannya, seberapa pentingkah visi dan misi bagi sebuah perusahaan?
Jawabannya tentu saja, ya! Hal ini merupakan hal mendasar bagi perusahaan. Hal ini di karenakan berkaitan dengan jati diri dan jati diri perusahaan. Secara internal, visi dan misi akan menentukan arah usaha, menetapkan tujuan jangka panjang, dan mewujudkan apa yang telah di tetapkan sebelumnya.
Lebih dari itu, visi dan misi bahkan dapat menginspirasi karyawan untuk bekerja secara maksimal dan berkomitmen terhadap apa yang di kerjakan. Karyawan akan merasa memiliki tujuan yang jelas yang tentunya jika pekerjaan di laksanakan menuju tujuan tersebut maka pekerjaan akan memberikan dampak yang besar.
Nah, penasaran dengan visi dan misinya? Langsung saja baca pembahasan visi dan misi selengkapnya di artikel ini!
Pengertian
Pertama-tama, mari kita bahas arti pernyataan visi dan misi. Visi adalah pernyataan berupa gambaran singkat tentang cita-cita dan dampak luas yang ingin di ciptakan oleh perusahaan. Visi akan menjadi landasan dari seluruh aktivitas yang di lakukan oleh perusahaan.
Lalu, apa itu misi? Misi adalah pernyataan berupa rencana yang di susun oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Jika di simpulkan, misi mencakup kegiatan apa yang akan di lakukan organisasi sebagai sarana untuk mencapai visi yang telah di tetapkan.
Perbedaan Antara Pernyataan Visi dan Misi
Untuk memahami dengan lebih sempurna, kita harus mengidentifikasi apa perbedaan mendasar. Terkadang di gunakan secara bergantian atau bahkan di gabungkan menjadi satu pernyataan.
Meski saling melengkapi, visi dan misi adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada rentang waktu yang di cakupnya. Visinya jangka panjang, sedangkan misinya kebalikannya. Pernyataan visi pada dasarnya adalah tujuan akhir dari apa yang ingin di capai perusahaan. Misi itu sendiri cenderung mendefinisikan apa yang di lakukan perusahaan.
Singkatnya, visi adalah tentang mengapa, sedangkan misi adalah tentang apa dan bagaimana. Sekarang, apakah Anda lebih mengerti?
Peran bagi Perusahaan
Perusahaan yang tidak memiliki hal ini tentunya tidak akan memiliki arah dan kesulitan dalam mencapai tujuan usahanya. Toh, ketika memiliki peran yang beragam lho untuk perusahaan. Peran-peran tersebut meliputi:
- Mengkomunikasikan tujuan organisasi kepada pemangku kepentingan
- Menginformasikan pengembangan strategi
- Mengembangkan tujuan dan sasaran yang terukur untuk mengukur keberhasilan strategi organisasi
Mengapa Penting Bagi Perusahaan?
Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Lalu, mengapa penting bagi perusahaan? Berikut penjelasannya:
- menentukan tujuan organisasi dan menanamkan rasa kepemilikan dan identitas pada karyawan.
- memberikan titik fokus yang membantu menyelaraskan setiap orang dengan organisasi, memastikan bahwa setiap orang bekerja menuju satu tujuan. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam organisasi.
- Pernyataan misi memberikan arah yang harus di ikuti oleh organisasi sedangkan pernyataan visi menjelaskan tujuan yang akan di capai dengan mengikuti arah tersebut.
- Pernyataan misi memberi perusahaan pedoman yang jelas dan efektif untuk membuat keputusan, sementara pernyataan visi memastikan bahwa semua keputusan yang di buat selaras dengan apa yang ingin di capai perusahaan.
Cara Membuat Visi Misi
Banyak cara yang dapat di terapkan dalam mewujudkan. Namun, ada 4 langkah umum yang bisa Anda jadikan pedoman untuk membuat visi dan misi perusahaan Anda.
1. Mengetahui Tujuan Perusahaan
Sebelum menyusun pernyataan ini dalam perusahaan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi tujuan mendirikan perusahaan Anda. Mulai dari keuntungan hingga ruang lingkup perusahaan.
Untuk menyelesaikan langkah ini, coba jawab tiga pertanyaan panduan berikut: “Mengapa perusahaan Anda perlu ada?”, “Apa yang harus dan tidak boleh di lakukan untuk mencapai tujuan Anda?” “Bagaimana perusahaan Anda melakukan berbagai hal secara berbeda, lebih baik, dan efisien?”.
2. Ketahui kekuatan perusahaan
Setiap perusahaan yang berdiri pasti memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Untuk di kenal dan di jadikan pilihan utama oleh target pasarnya, sebuah perusahaan harus mengenali hal-hal unik apa saja yang menjadi kekuatannya.
3. Proyeksikan rencana lima tahun
Untuk memiliki pernyataan yang tepat, sebuah perusahaan harus spesifik, terukur, dapat di capai, relevan, dan terikat waktu. Tentukan rencana lima tahun perusahaan seperti ekspansi bisnis atau ide startup berdasarkan informasi ini.
4. Buat draf pernyataan
Agar yang di susun efektif, pastikan untuk memasukkan elemen inti berikut dalam draf pernyataan:
- Kejelasan
- Spesifikasi
- Pencapaian
- Nilai unik
- Menginspirasi orang di dalam dan di luar organisasi.