5 Strategi Membangun Merek Bisnis Agar Cepat Dikenal

Share This Post

Mengapa membangun merek bisnis begitu penting? Seperti di ketahui, brand menjadi identitas bisnis yang di geluti. Adanya brand juga membantu masyarakat untuk lebih mengenal produk apa saja yang di jual. Misalnya brand Chanel menggunakan identitas “huruf C” yang berjalan beriringan.

Membangun merek bisnis bukanlah hal yang mudah. Apalagi brand dari bisnis yang dulunya kecil ingin berkembang menjadi bisnis besar. Namun, jangan putus asa. Berikut tips membangun brand bisnis yang efektif.

merek bisnis

1. Mengetahui Target Pemasaran Merek Bisnis

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menentukan target pemasaran. Caranya dengan melakukan riset langsung ke lapangan untuk menentukan kepada siapa produk tersebut akan di jual.

Target pemasaran yang jelas akan membuat Anda mengetahui cara pemasaran yang tepat agar produk laris manis di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menentukan harga per produk yang sesuai dengan kantong konsumen.

2. Mengetahui Keunikan Barang Merek Bisnis

Setelah berhasil menentukan target pasar, coba telaah apa yang unik dari produk yang di jual. Apa itu dari segi warna, motif, desain, atau bahan yang di gunakan. Keunikan produk tidak selalu berkaitan dengan produksinya. Namun, bisa juga dari bentuk kemasan produknya.

Intinya, keunikan produk ini merupakan ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk orang lain. Agar produk lebih di kenal, ada baiknya Anda membuat produk yang unik, menarik, dan serbaguna.

3. Label Produk

Selanjutnya adalah labeling atau branding produk. Memberi label bukanlah hal yang mudah. Selain menyesuaikan nama dengan keunikan produk, Anda juga harus mencari label yang belum pernah di pakai orang lain.

Jika ternyata label produknya sama, Anda bisa di tuntut karena menjiplak merek orang lain.

Oleh karena itu, lakukan riset mendalam sebelum membeli suatu produk. Karena label produk ini juga akan mempengaruhi logo, desain, dan tampilan website yang akan di gunakan nantinya.

Untuk memudahkan proses ini, Anda bisa menggunakan nama Anda sendiri sebagai label produk yang di jual. Dengan begitu, orang tahu bahwa Anda adalah seorang desainer yang mendesain dan memproduksi barang-barang tersebut.

4. Mendesain Logo Yang Menarik Untuk Merek Bisnis

Logo berfungsi sebagai gambar yang mewakili produk yang di jual. Logo juga membantu orang lain untuk mengenali merek. Dengan logo, seseorang juga tahu merek apa yang sedang di gunakan oleh orang lain.

Untuk itu rancang logo yang menarik, mewah, dan unik. Perhatikan setiap desain yang di buat secara detail agar hasil logo lebih bagus. Gunakan simbol dan tulisan untuk merepresentasikan logo agar terlihat lebih unik dan berkelas.

5. Promosi Media Sosial

Selain sebagai wadah untuk pemasaran, media sosial juga bagus untuk branding produk. Memiliki minimal satu akun media sosial untuk produk yang di jual untuk branding. Setiap kali orang lain menggunakan merek Anda, mereka dapat menandai akun media sosial merek tersebut. Dengan begitu, orang lain tahu merek apa yang di gunakan pembeli.

Dengan media sosial, Anda juga bisa meningkatkan omzet penjualan. Karena media sosial bisa di jadikan sebagai wadah untuk promosi. Caranya cukup mudah, tinggal share isi akun di timeline. Dengan begitu, apa yang Anda bagikan dapat di lihat oleh orang lain.

YAKIN STRATEGI MARKETING BISNIS ANDA SUDAH PUNYA SISTEM BISNIS YANG BAIK?

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 MENIT saja, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang belum optimal di perusahaan!

More To Explore

OMZET PERUSAHAAN SEMAKIN MENURUN?

Konsultasikan Gratis Bersama Kami Sekarang Juga!

Top