Tetap Produktif Saat #dirumahaja

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

In time of crisis jaman now, dan juga saat #dirumahaja, walau dengan berbagai keterbasan, kita tetap dapat produktif. Bagaimana caranya?

Salah satunya, kita dapat menggunakan teknologi internet. Teknologi internet telah berubah menjadi sebuah kebutuhan manusia modern saat ini. Nah, apa saja yang bisa kita lakukan di internet, selain untuk kepo-kepo sosmed orang. Inilah yang akan kita bahas kali ini, hal-hal produktif yang dapat kita lakukan.

1. Meeting Online

Saat Working From Home alias WFH, walau tidak berjumpa orangnya secara langsung, tapi kita bisa tetap meeting. Selain menggunakan telepon, kita dapat melakukan meeting secara online. Hal ini dapat kita lakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi. Whatsapp, Skype, Zoom dan aplikasi lainnya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini umumnya dapat didownload secara gratis, maupun untuk fasilitas tertentu harus berbayar.

Cukup menggunakan komputer, notebook atau bahkan smartphone, kita sudah dapat melakukan meeting online. Cara setting-nya pun relatif mudah.

Dengan menggunakan aplikasi yang ada tersebut, kita dapat tetap berkomunikasi dengan rekan kerja, customers, clients, vendors, maupun partner bisnis kita.

Tentu saja diperlukan jaringan internet yang memadai. Perhatikan, bahwa ada jam-jam tertentu dimana penggunaan internet cukup tinggi. Baik penggunaan di rumah kita, yaitu saat keluarga kita juga menggunakan internet secara bersamaan. Di waktu sibuk seperti saat siang atau sore hari, dimana pengguna internet disekitar kita, tetangga kita, ataupun jaringan sekitar kita, dapat mempengaruhi kualitas dan kecepatan internet kita. Kita dapat menggunakan internet dari smartphone kita, atau yang lebih baik lagi adalah dengan internet provider rumah kita yaitu dalam bentuk fiber optic atau broadband sehingga lebih stabil dalam penggunaannya.

Perhatikan juga alat audio visual yang kita gunakan. Ada baiknya kita menggunakan earphone, sehingga suara yang kita dengar, maupun mic yang mengalirkan suara kita menjadi lebih baik. Khususnya apabila di rumah kita suaranya cukup berisik.

Lighting & posisi kamera kita juga mempengaruhi penampilan kita saat meeting online. Paling tidak, aturlah agar penampilan kita tidak terlalu gelap ataupun berantakan. Biar bagaimanapun, ketika kita berjumpa dengan orang, walaupun secara online, tetap memberikan kesan yang baik kepada orang yang kita ajak bicara.

2. Edukasi dan pengembangan diri

Saat #dirumahaja, bukan berarti  saat liburan. Kita harus terus bekerja dan mengembangkan bisnis maupun karier kita. Memang sulit apabila kita harus mengikuti training secara offline. Tapi tenang saja, ada alternatif lainnya.

Banyak aplikasi & website yang menawarkan beragam ilmu dan pengetahuan di internet. Adapula aplikasi yang membantu dalam proses pembelajaran. Mulai dari yang gratisan, seperti Youtube, Google Classroom, sampai yang berbayar seperti Ruang Guru (karya anak bangsa), Master Class, uDemy dan lain sebagainya.

Bisa juga, kita browsing berbagai hal secara topikal di Wikipedia untuk memperluas pengetahuan kita. Tersedia juga berbagai training & coaching online saat ini. Penting untuk kita selalu mengembangkan diri kita, karena perkembangan bisnis dan karier kita sangat tergantung dengan pengembangan kapasitas dari diri kita.

3. Aktivitas marketing.

Ya

Disaat mal dan toko menjadi sepi, para pebisnis terdorong untuk lebih memikirkan dan menerapkan penggunaan digital marketing dan strategi penjualan yang tepat. Dan sekaranglah momen yang tepat untuk memasarkan produk ataupun jasa melalui online, karena  mayoritas orang sekarang ini semakin sering melihat smartphonenya. Termasuk Anda dan saya kan? Dalam hal marketing, pastikan bahwa produk dan jasa Anda diketahui sebanyak-banyaknya orang yang mungkin membutuhkannya.

Bagaimana caranya?

Bisa secara berbayar, misalnya melalui iklan / ads. Persiapkan iklan dalam bentuk video, gambar dan tulisan. Kemudian dapat ditampilkan melalui media sosial, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan lain sebagainya. Untuk yang lebih mahal, dapat pula iklan kita ditampilkan di website-website yang sudah populer, seperti website berita (detik.com, kompas.com, kumparan.com dan lan sebagainya)

Cara lainnya adalah secara gratis atau secara organik, dengan cara membagikan konten-konten yang menarik, dalam bentuk gambar ataupun video, sehingga banyak orang yang membaginya di media sosial ataupun juga group-group seperti Whatsapp group, dan lain sebagainya.

Karena itu, website, dan halaman media sosial perusahaan perlu ditampilkan secara profesional. Persiapkan dengan matang, baik secara tampilan, gambar produk maupun foto perwakilan dari perusahaan, tulisan dan setiap informasi yang ingin ditampilkan. Persiapkan juga cara pemesanan dan pembayaran yang mudah, sehingga mendorong penjualan. Bisa melalui website perusahaan kita yang dilengkapi payment gateway, maupun juga melalui marketplace yang ada. Apabila kita kesulitan, kita bisa mencari konsultan yang ahli dibidangnya.

4. Mendapat berita dan informasi

Jaman now,  pastinya informasi mengalir deras melalui berbagai channel, baik WA, sosmed, dan berbagai aplikasi lainnya. Pastikan kita mendapatkan berbagai berita & informasi yang bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan. Hal ini akan membantu kita dalam mengambil keputusan yang terbaik, baik dalam hal keputusan bisnis, investasi sampai dengan pergerakan pasar. Yang perlu kita perhatikan juga adalah sumber informasinya haruslah yang kredibel. Jadi kita tidak terjebak dengan hoax ya..

Media berita terpercaya, seperti dari Detik, Kompas, Kumparan dan lainnya layak untuk kita pertimbangkan, termasuk juga channel-channel dari pemerintah, seperti kantor berita resmi yaitu Antara, melalui antaranews.com ataupun dari media sosial yang terpercaya dan jelas sumbernya. Demikian juga informasi dari Whatsapp, dan sumber lainnya, perlu kita cek dan ricek dengan sumber lain yang kredibel.

5. Belanja online

Umumnya aktivitas bisnis, didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang mendukung. Begitu pula untuk seharian.

Ketika mobilitas kita terbatas, kita bisa menggunakan aplikasi online untuk membantu kita berbelanja. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, hingga Gojek & Grab.

 Apa saja yang kita bisa beli? Mulai dari kebutuhan rumah tangga, seperti makanan, minuman, keperluan dapur, pembersih dan lain sebagainya. Kita bisa pula membeli perlengkapan kebutuhan kantor, seperti alat tulis kantor, peralatan elektronik, dan lain sebagainya. Kita dapat dengan mudahnya juga membandingkan harga dan kualitas produk secara online. Sehingga aktivitas bisnis kita dapat tetap berjalan dengan baik dengan biaya yang efisien. Demikian juga untuk kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi.

Selamat menjalani bekerja dari rumah dan tetap produktif.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Uncategorized

Tetap Produktif Saat #dirumahaja

In time of crisis jaman now, dan juga saat #dirumahaja, walau dengan berbagai keterbasan, kita tetap dapat produktif. Bagaimana caranya? Salah satunya, kita dapat menggunakan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Top