Siap dalam Melakukan Digitalisasi Bisnis Untuk Modernisasi Usaha

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang besar bagi dunia bisnis. Hal ini mendorong digitalisasi bisnis. Pesatnya kemajuan teknologi telah membawa dampak besar di segala bidang kehidupan, termasuk jual beli. Banyak bisnis baru lahir dengan basis digital. Sebagian besar bisnis ini tidak memiliki toko fisik.

Pasalnya, tren belanja online juga semakin diminati, hal ini turut mempercepat proses digitalisasi bisnis. Meningkatnya popularitas e-commerce, menjadi alasan kuat Anda perlu memulai bisnis online. Setidaknya, mulailah mengalihkan penjualan toko offline Anda secara online.

Biaya untuk toko fisik sendiri dapat digunakan untuk keperluan promosi bisnis online. Lalu, apa itu digitalisasi bisnis dan bagaimana prosesnya?

digitalisasi bisnis

Apa Itu Digitalisasi Bisnis?

Menurut Pagero, digitalisasi adalah transformasi model bisnis untuk menggunakan proses digital daripada konvensional. Misalnya, perusahaan yang memutuskan untuk mengubah penanganan dan pemrosesan semua dokumen keuangan menjadi digital akan dianggap digitalisasi.

Digitalisasi bisnis adalah integrasi teknologi yang mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai bidang, layanan, dan saluran pemasaran dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

Transformasi digital tidak hanya berdampak pada interaksi dan transaksi pelanggan, tetapi juga mengubah operasional bisnis. Ketika model kerja hibrida menjadi semakin umum, bisnis harus beradaptasi sehingga karyawan dapat bekerja dan berkolaborasi secara efisien.

Dapat disimpulkan bahwa digitalisasi bisnis berarti mengintegrasikan teknologi dalam semua aktivitas bisnis. Mulai dari urusan administrasi, keuangan, personalia, hingga pemasaran dan penjualan.

Mengenal Pentingnya Digitalisasi Bisnis

Dilansir dari Rolson Infotech, digitalisasi bisnis meningkatkan efisiensi proses, konsistensi, dan kualitas bisnis. Ketiga hal ini dapat memberikan banyak peningkatan bagi bisnis, antara lain:

  • Mengintegrasikan dokumen atau file konvensional ke dalam bentuk digital, menghilangkan redundansi dan memperpendek rantai komunikasi.
  • Meningkatkan dan memfasilitasi pertukaran informasi yang lebih baik.
  • Membantu dalam menyediakan layanan pelanggan di mana saja di dunia.
  • Mengurangi biaya operasional.
  • Mencegah kesalahan manusia.
  • Manfaatkan analitik dan data pengguna.
  • Meningkatkan kesinambungan pertumbuhan bisnis.

Adopsi teknologi digital membuat alur kerja menjadi efisien dan kesalahan manusia lebih sedikit. Semua aktivitas bisnis berjalan lebih efisien. Alur kerja yang disederhanakan ini memungkinkan bisnis untuk mengurangi biaya operasional.

Manfaat digitalisasi Pada Bisnis Anda

Transformasi digital untuk bisnis memiliki berbagai manfaat yang sangat penting. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Hemat Biaya

Bisnis konvensional memerlukan biaya sewa ruko atau gedung perkantoran, biaya listrik, dan biaya pembelian alat tulis kantor. Proses penjualannya juga memakan biaya banyak karena membutuhkan pembukaan toko cabang hingga menyewa kios.

Berbeda dengan bisnis digital yang tidak menggunakan kantor fisik, melainkan menggunakan kantor virtual. Anda tidak perlu membayar sewa atau tagihan listrik yang tinggi. Untuk penjualan tidak lagi membutuhkan toko fisik karena semuanya sudah online.

Anda dapat mengalihkan semua biaya yang dikeluarkan untuk menyewa ruko untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih modern. Anda juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan promosi produk Anda.

2. Memangkas Waktu

Sistem kerja berbasis online memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen dan bekerja di internet. Anda bisa melakukan promosi dan penjualan secepat kilat.

Anda tidak perlu mengirimkan satu dokumen ke divisi lain, atau menjual produk secara door to door. Dengan memanfaatkan sistem cloud, semua file dapat diteruskan dengan cepat.

Untuk urusan penjualan juga, Anda hanya perlu memantau toko online Anda dan menerima serta memproses pesanan secara virtual. Bahkan, untuk pengiriman barang, Anda tidak perlu keluar rumah. Ini karena kurir yang akan datang akan mengambil paket Anda.

3. Kemudahan Bagi Pelanggan

Digitalisasi bisnis tidak hanya menguntungkan pelaku bisnis, tetapi juga memudahkan pelanggan. Keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan akan sangat merepotkan, apalagi bagi pelanggan yang memiliki banyak kesibukan.

Digitalisasi bisnis dapat membuat pelanggan Anda dapat menemukan dan membeli produk Anda kapan saja dan dari mana saja. Kemudahan ini tentunya didukung dengan hadirnya e-commerce dan aplikasi pemesanan makanan secara online.

Transformasi bisnis digital memang menjadi tantangan tersendiri. Karena mau tidak mau, semua bisnis harus mulai beralih ke model digital ini. Persaingan akan semakin ketat dan tren belanja online konsumen juga akan terus meningkat.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang digitalisasi bisnis yang penting untuk kemajuan bisnis. Yuk, mulai beralih model bisnis Anda agar tidak kalah di pasar.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Uncategorized

Tips Agar Anda Berhasil dalam Menetapkan Tujuan Bisnis

Menetapkan tujuan bisinis adalah keterampilan penting bagi setiap profesional, termasuk dalam bisnis. Dengan menetapkan tujuan, Anda memiliki arah dan fokus, serta tolok ukur untuk mengevaluasi

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Top