Mengenal apa itu networking dan Manfaat untuk bisnis anda

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Dalam bisnis, Anda membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, diperlukan networking. apa itu networking dalam bisnis?

Mengutip halaman bisnis kecil, jaringan dalam bisnis adalah proses membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelaku bisnis lain, klien, atau pelanggan potensial.

Ini juga melibatkan kontak dengan orang-orang yang memberikan informasi atau pelatihan. Jaringan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan vendor yang bereputasi baik, sehingga mereka dapat disewa untuk bisnis Anda sendiri.

Tidak hanya mencari keuntungan, networking dalam bisnis sebenarnya menitikberatkan pada proses terciptanya hubungan saling percaya dan persahabatan dengan para pelaku bisnis lainnya.

Biasanya, jaringan bisnis ini melibatkan pertemuan tatap muka, seperti konferensi, acara jejaring, atau melalui media sosial.

networking

Manfaat

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki networking dalam berbisnis. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mendapatkan Informasi Seputar Bisnis

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dari membangun jaringan dalam bisnis tentu saja mendapatkan informasi tentang bisnis.

Secara khusus, informasi tentang industri yang Anda geluti saat ini. Ini karena jaringan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pengusaha lain.

Anda juga bisa mendapatkan banyak wawasan dari percakapan tersebut. Misalnya mengenai tren pasar saat ini.

2. Bertemu Dengan Profesional

Networking juga dapat mempertemukan kamu dengan mentor atau kontak profesional yang mungkin dapat membantumu dalam menjalankan bisnis.

Misalnya, jika bisnis kamu membutuhkan jasa pembukuan, akuntan, atau pengacara, kamu mungkin menemukan kandidat yang ideal melalui networking.

Apabila bisnismu membutuhkan pembiayaan ekuitas, kamu juga mungkin dapat menemukan investor atau pemodal ventura melalui networking tersebut.

3. Membangun Koneksi

Dengan jaringan bisnis, Anda juga berpotensi memiliki koneksi dengan pengusaha dan profesional lainnya.

Jadi, setiap orang yang Anda temui adalah klien potensial, pelanggan lain, atau seseorang yang dapat mengirimi Anda referensi terkait bisnis.

Dengan menghadiri acara networking, Anda dapat memperluas profil publik Anda sendiri sebagai seorang pebisnis.

Ingatlah bahwa koneksi yang Anda buat hari ini memiliki potensi jangka panjang. Pasalnya, kontak bisnis yang Anda temui hari ini bisa menjadi pemberi kerja atau referensi di kemudian hari.

4. Meningkatkan Peluang Bisnis

Sebuah studi yang dikutip oleh Zen Business melaporkan bahwa 78 persen startup mengatakan bahwa jaringan sangat penting untuk usaha kewirausahaan mereka.

Networking dalam bisnis juga tidak kalah pentingnya bagi kesuksesan karir individu yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Hal ini karena menurut laporan tahun 2016 yang diterbitkan oleh LinkedIn ditemukan bahwa sebanyak 85 persen dari semua pekerjaan diisi melalui jaringan.

Jadi, jika Anda tidak meluangkan waktu untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di bidang bisnis atau industri yang sama, kemungkinan besar Anda akan kehilangan peluang berharga untuk menemukan kemitraan baru, menghasilkan rujukan, dan bahkan mendapatkan klien dan posisi.

Tips Membangun Networking Bisnis

Lantas, bagaimana cara membangun jaringan bisnis yang sukses, sehingga bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang telah ada sebelumnya? Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan:

1. Menghadiri Acara Networking Bisnis

Tips pertama untuk membangun jaringan bisnis adalah dengan menghadiri acara networking untuk bisnis.

Misalnya, dengan menghadiri pertemuan yang ada oleh kamar dagang di kota Anda untuk bertemu orang-orang di industri yang sama.

Selain itu, Anda dapat mengadakan pertemuan dengan asosiasi dan masyarakat profesional yang terkait dengan industri atau bisnis Anda.

Namun, sebelum menghadiri rapat atau acara tersebut, cobalah luangkan waktu untuk menentukan apa tujuan Anda.

Misalnya, ingin membuat koneksi baru, menyumbangkan waktu untuk komunitas, atau sekadar belajar tentang perkembangan terbaru dalam bisnis atau industri Anda.

2. Temukan Kenalan Sebanyak Mungkin

Selama pertemuan bisnis tersebut, Anda harus membangun koneksi sebanyak mungkin. Jadi, jangan ragu untuk berkenalan dengan pengusaha atau profesional di sana.

Dalam hal ini, Anda harus percaya diri dan sopan agar perkenalan dengan mitra bisnis berjalan lancar.

Anda juga dapat bertukar kartu nama saat bertemu dengan mereka. Dengan begitu, mereka dapat mengetahui identitas pribadi dan bisnis Anda.

Meski terkesan kuno di era digital saat ini, bertukar kartu nama saat bertemu rekan bisnis bisa berdampak besar.

Dengan kartu nama yang berisi informasi penting, mitra bisnis dapat menghubungi Anda dengan lebih mudah.

Setelah beberapa percakapan, Anda mungkin dapat mengemukakan masalah bisnis yang Anda alami dan meminta bantuan mereka.

Bahkan, jika mereka membuka diskusi terlebih dahulu, Anda mungkin bisa mulai bertukar informasi, mencari ilmu, atau bertukar kontak bisnis.

3. Saling Membantu Rekan Bisnis

Saat Anda mengenal mitra bisnis satu sama lain melalui acara networking ini, bangunlah hubungan yang baik dengan mereka.

Misalnya dengan saling membantu dengan mitra bisnis. Ketika mereka membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan masalah, cobalah menawarkan bantuan.

Dengan begitu, Anda bisa membangun kedekatan antar mitra bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bantuan yang sama di kemudian hari.

Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga membutuhkan bantuan orang lain.

4. Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi

Meskipun Anda mungkin sibuk dengan bisnis, cobalah untuk meluangkan waktu untuk bersosialisasi.

Bersosialisasi dengan mitra bisnis dapat memperkuat hubungan Anda dan mempertahankannya.

Misalnya, jika mereka mengadakan rapat berbagi, lokakarya, atau bahkan webinar online, cobalah hadir.

Kebanyakan pebisnis optimis dan positif. Bergaul secara teratur dengan orang-orang seperti itu untuk menumbuhkan motivasi dan belajar dari mereka.

Juga, bersikaplah responsif dengan menjawab panggilan, membalas pesan suara, dan email yang dikirim oleh rekan bisnis.

Di era yang serba online seperti ini, Anda tetap bisa terhubung dengan mitra bisnis melalui media sosial meski dipisahkan oleh jarak dan waktu.

Kuncinya adalah kepribadian yang sopan dan profesional agar hubungan Anda dengan mereka terjalin dan langgeng.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Uncategorized

Tips Agar Anda Berhasil dalam Menetapkan Tujuan Bisnis

Menetapkan tujuan bisinis adalah keterampilan penting bagi setiap profesional, termasuk dalam bisnis. Dengan menetapkan tujuan, Anda memiliki arah dan fokus, serta tolok ukur untuk mengevaluasi

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Top