Bagian atau divisi yang sering di perdebatkan adalah penjualan dan pemasaran. Banyak orang beranggapan bahwa sales dan marketing adalah bagian yang sama karena fungsi dan tugasnya di anggap sama.
Tidak hanya dari segi tenaga kerja, beberapa perusahaan juga terkadang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian pekerjaan ini.
Perbedaan Sales dan Marketing
Meskipun pemasaran dan penjualan merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk meraih pendapatan, namun keduanya jelas berbeda.
Apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran? Apakah penjualan dan pemasaran adalah hal yang sama? Bagi sebagian orang yang tidak memahami kedua bidang tersebut, mungkin akan menganggapnya sama.
Umumnya orang memandang sales dan marketing itu sama yaitu menjual produk. Penjualan dan pemasaran merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target.
Namun, fokus kegiatan antara kedua pekerjaan tersebut merupakan hal yang berbeda. Agar lebih memahami berikut adalah perbedaan antara penjualan dan pemasaran:
Pengertian Sales dan Marketing
Agar lebih mudah di pahami, poin pertama yang di bahas adalah tentang maknanya.
Penjualan di definisikan sebagai bagian dari perusahaan yang kegiatannya menjual, memastikan produk yang terlihat atau tidak terlihat terjual dengan baik dengan harga yang sesuai dengan rencana awal yang telah di tetapkan tetapi juga dengan persetujuan dan kesepakatan konsumen.
Sedangkan pemasaran adalah keseluruhan sistem kegiatan usaha seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan memuaskan konsumen.
Singkatnya, penjualan ini adalah penjualan dan pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan penjualan.
Proses kerja
Selanjutnya, Anda akan membedakan penjualan dan pemasaran dalam hal proses kerja mereka.
Merujuk pada pengertian sales yaitu penjualan, maka proses kerja penjualan berhadapan langsung dengan konsumen.
Namun selain penjualan langsung, penjualan juga bisa di lakukan melalui media, seperti telepon, media sosial atau apapun.
Pada dasarnya kegiatan penjualan ini adalah kegiatan langsung atau interaksi langsung, asalkan kedua belah pihak sepakat, tidak masalah.
Agar tim penjualan dapat menjalankan tugasnya dengan baik, di perlukan tim pemasaran untuk melakukan analisis pasar atau mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Jadi pemasaran ini adalah kegiatan di balik penjualan. Mereka yang berpikir tentang bagaimana cara berpromosi, pangsa pasar, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya.
Dengan kata lain, perbedaan antara penjualan dan pemasaran adalah mereka bertugas menyiapkan konsep, alat, strategi untuk menarik konsumen, dan penjualan bertugas melayani konsumen agar produk laku.
Prioritas & Fungsi
Dalam prioritas kerja, perbedaan sales dan marketing dapat di lihat dari target kegiatan.
Prioritas pemasaran adalah mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang baik agar loyal.
Jika memiliki konsumen atau pelanggan yang banyak, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat.
Fungsi penjualan adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang mereka cari.
Dari prioritas dan fungsi keduanya dapat di simpulkan bahwa keduanya sebenarnya merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan bersinergi.
Ruang Lingkup Kerja
Penjualan dan pemasaran juga dapat di bedakan dari ruang lingkup pekerjaannya. Penjualan atau penjualan karya jangka pendek (short term).
Ya, lihat saja jika Anda melakukan transaksi jual beli, itu saja, bukan? Setelah proses transaksi selesai, tim penjualan tidak lagi bertanggung jawab terhadap konsumen.
Sedangkan pemasaran memiliki masa kerja yang lebih panjang (long term). Hal ini karena pemasaran harus menjaga hubungan baik dengan konsumen atau vendor.
Sehingga setelah kegiatan pemasaran di lakukan, tim tetap bertanggung jawab menjaga hubungan agar loyalitas pelanggan tidak hilang.
Padahal, tim pemasaran harus berhubungan dengan pelanggan sebelum transaksi terjadi.
Ruang lingkup pekerjaan pemasaran meliputi kepuasan pelanggan, riset pasar, dan hubungan masyarakat.
Tujuan
Perbedaan selanjutnya yang sangat terlihat mengenai tujuannya. Dalam marketing atau pemasaran, tim harus menjaga brand image produk atau perusahaan.
Sehingga keputusan konsumen membeli suatu produk karena mengetahui kualitas atau merek dari produk tersebut.
Sedangkan dalam bidang sales atau penjualan, menjaga brand bukanlah hal yang penting.
Tujuan penjualan adalah agar produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah di tetapkan tercapai.
Itulah perbedaan antara penjualan dan pemasaran. Perusahaan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan penjualan, karena penjualan tidak akan tercipta tanpa pemasaran yang baik.
Oleh karena itu, agar perusahaan dapat terus berkembang di perlukan perencanaan dan pengelolaan yang baik, baik yang berkaitan dengan produksi, pemasaran, penjualan, keuangan dan lain sebagainya.