-----

Pentingnya Peran Digital Marketing Bagi Bisnis

Share This Post

Apa itu pemasaran digital? Pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dan internet

Pernahkah Anda melihat brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau online campaign?

Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya melalui website dan media sosial perusahaan?

Akhir-akhir ini semua hal tersebut tentunya sering Anda lihat. Hal-hal ini disebut pemasaran digital.

Konsep dan penerapan digital marketing merupakan hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari sebuah brand.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren dalam dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing.

Lalu, seberapa pentingkah digital marketing dalam bisnis yang menjual produk tertentu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk memahaminya dengan jelas.

digital marketing

Pengertian

Pengertian digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet.

Tujuan pemasaran digital adalah untuk menarik konsumen dan calon pelanggan dengan cepat.

Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran jika kegiatan digital marketing menjadi pilihan utama perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling bersaing untuk membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran mereka di dunia maya.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti iklan FB dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, pemasaran email, pemasaran seluler, dan lain-lain.

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya digital marketing yang di gunakan oleh perusahaan, membuktikan bahwa hal ini memiliki banyak keuntungan dan keuntungan yang bisa di dapatkan, apa saja itu?

Berikut adalah beberapa keunggulan pemasaran digital di bandingkan dengan pemasaran konvensional.

Kecepatan Penyebaran

Strategi pemasaran menggunakan media digital dapat di lakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Selain itu, DM juga dapat di ukur secara real time dan tepat.

Kemudahaan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil kegiatan pemasaran dapat langsung di ketahui.

Informasi seperti berapa lama produk Anda di tonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persentase konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Setelah mengetahui informasi semacam itu, maka Anda dapat mengevaluasi iklan mana yang baik dan buruk.

Sehingga dapat di tingkatkan untuk periode berikutnya.

Jangkauan Lebih Luas

Keunggulan selanjutnya adalah jangkauan geografis DM yang luas. Anda dapat menyebarkan merek atau produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan menggunakan internet.

Murah dan Efektif

Di bandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu pemasaran digital jauh lebih murah dan efektif.

Biaya anggaran yang di hemat bisa mencapai 40%, menurut Laporan Pengeluaran Pemasaran Digital Gartner.

Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan beralih ke digital karena terbukti lebih efektif.

Membangun Nama Brand

Pemasaran digital membantu Anda membangun nama merek yang baik.

Keberadaan dunia maya dengan kehadiran brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Jenis-Jenis

Webiste

Website berperan sangat penting dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengenal bisnis Anda, promosi hemat dan media bisnis yang mudah.

Search Engine

Upaya agar website perusahaan mudah di temukan di sistem mesin pencari.

Search Engine Marketing di bagi menjadi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO di lakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan lebih murah sedangkan SEM berbayar namun lebih cepat.

Social Media Marketing

Beredar platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter karena bisa di lakukan dengan biaya minimal atau bahkan gratis.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan brand perusahaan.

Online Advertising

Media promosi melalui internet dengan di kenakan biaya. Ini bisa mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan tetapi agak lebih mahal dari tipe sebelumnya.

Email Marketing

Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.

Video Marketing

Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya, serta menampilkan testimoni pelanggan.

Cara Memulai Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu dan beberapa konsep dasar digital marketing, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  • Pertama, siapkan alat yang di gunakan untuk melakukan pemasaran. Beberapa tools yang bisa di gunakan dalam digital marketing antara lain: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, upload blog, online trails (review, feedback dari pelanggan, dan lain-lain). Dalam dunia pemasaran digital, alat-alat ini adalah aset bagi Anda, jadi jagalah dengan baik.
  • Kedua, siapkan konten yang menarik dan dapat di bagikan. Konten bisa berupa foto, video, tulisan atau lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang di sesuaikan dengan konten.
  • Ketiga, Anda bisa mulai mengunggah dan kemudian mengevaluasi setiap unggahan di setiap media sosial yang Anda miliki, menentukan mana yang memberikan umpan balik dan fokus pada beberapa aset yang memberikan umpan balik yang baik untuk bisnis Anda.
  • Langkah selanjutnya yang bisa di lakukan adalah dengan masuk dan bergabung di forum public marketplace. Pastikan profil bisnis Anda bagus, karena akan mempengaruhi citra merek.

Jumlah Anggaran

Mahal atau tidaknya digital marketing tergantung dari jenis yang digunakan oleh perusahaan Anda. Jika pemasaran digital seperti SEO dan konten tentu tidak menghabiskan banyak anggaran.

Namun, digital marketing seperti brosur online dan email tentunya membutuhkan biaya tertentu.

Setelah mengetahui tentang pengertian digital marketing, untuk keberhasilan dan kelancaran bisnis Anda tentunya juga harus didukung dengan perencanaan keuangan yang baik.

Melakukan perhitungan, pelaporan, dan analisis keuangan merupakan kegiatan penunjang untuk menjalankan strategi pemasaran.

YAKIN STRATEGI MARKETING BISNIS ANDA SUDAH PUNYA SISTEM BISNIS YANG BAIK?

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 MENIT saja, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang belum optimal di perusahaan!

More To Explore

OMZET PERUSAHAAN SEMAKIN MENURUN?

Konsultasikan Gratis Bersama Kami Sekarang Juga!

Top